gallery/untitledfew

KARYA ARSITEK EKSENTRIK #1 : DECONSTRUCTION ARCHITECTURE | ARSITEKTUR DEKONSTRUKSI

by arkostudioarsitek, 11 Mei 2017

gallery/dk-l-lonmetunivers
gallery/guggenheim-bilbao-21355102595245
gallery/stasinopoulos.2010.11.02
gallery/villa-libeskind-prototype-ext-night-1-c-frank-marburger
gallery/villa-escargot-takeshi-hirobe-architects-1

Deconstructivism merupakan pengembangan dari arsitektur postmodern yang dimulai pada akhir 1950-an. Hal ini dipengaruhi oleh teori "Dekonstruksi", yang merupakan bentuk analisis semiotik. Hal ini ditandai dengan fragmentasi, suatu kepentingan memanipulasi permukaan, kulit, bentuk non-bujursangkar struktur ini yang muncul untuk mengubah dan terkilir elemen arsitektur, seperti struktur dan amplop. Tampilan visual selesai bangunan yang menunjukkan deconstructivist "gaya" ditandai dengan ketidakpastian dan kekacauan dikendalikan.  

 

Deconstructivism datang ke pemberitahuan publik dengan 1.982 Parc de la Villette kompetisi desain arsitektur (terutama entri dari Jacques Derrida dan Peter Eisenman, masuk memenangkan Bernard Tschumi ini), Museum 1988 deconstructivist Arsitektur pameran Seni Modern di New York, yang diselenggarakan oleh Philip Johnson dan Mark Wigley, dan 1989 pembukaan Wexner Center for the Arts di Columbus, dirancang oleh Peter Eisenman. The New York pameran unggulan karya Frank Gehry, Daniel Libeskind, Rem Koolhaas, Peter Eisenman, Zaha Hadid, Coop Himmelb (l) au, dan Bernard Tschumi. Sejak pameran, beberapa arsitek yang terkait dengan Deconstructivism telah menjauhkan diri dari itu. Meskipun demikian, istilah telah terjebak dan telah datang untuk merangkul kecenderungan umum dalam arsitektur kontemporer.

 

Beberapa arsitek deconstructivist dipengaruhi oleh filsuf Perancis Jacques Derrida. Eisenman adalah teman Derrida, tetapi meskipun demikian pendekatan untuk desain arsitektur dikembangkan jauh sebelum ia menjadi deconstructivist. Baginya Deconstructivism harus dianggap sebagai perpanjangan dari ketertarikannya pada formalisme radikal. Beberapa praktisi Deconstructivism juga dipengaruhi oleh eksperimen formal dan ketidakseimbangan geometris konstruktivisme Rusia. Ada referensi tambahan di Deconstructivism gerakan abad ke-20: modernisme / postmodernisme interaksi, ekspresionisme, kubisme, minimalis dan seni kontemporer. Deconstructivism mencoba untuk menjauh dari seharusnya konstriksi 'aturan' modernisme seperti "bentuk mengikuti fungsi," "kemurnian bentuk," dan "kebenaran material."

KARYA ARSITEK EKSENTRIK #2 : SOLID MINIMALIST ARCHITECTURE | ARSITEKTUR MINIMALIS SOLID

by arkostudioarsitek, 02 Juni 2017

Konsep dan elemen desain arsitektur
Konsep arsitektur minimalis adalah untuk menghilangkan yang tidak perlu hingga memperhatikan hanya pada kebutuhan fungsi ruang dan mencapai kesederhanaan. Idenya adalah tidak benar-benar tanpa ornamen, benar benar suatu konsep disain yang sederhana, polos dan ringan yang terlihat secara visual bentuk bangunan.
Arsitek minimalis tidak hanya menghilangkan yang tidak diperlukan tetapi tetap mempertimbangkan kualitas fisik bangunan.

Pengaruh dari budaya Jepang
Ide kesederhanaan muncul dalam banyak kebudayaan, terutama budaya tradisional Jepang Zen Filsafat. Jepang memanipulasi budaya Zen ke dalam elemen estetika dan desain untuk bangunan mereka. Ide ini arsitektur telah mempengaruhi Western Society, terutama di Amerika sejak pertengahan abad ke-18. Selain itu terinspirasi arsitektur minimalis di abad ke-19.
Konsep zen kesederhanaan mengirimkan ide-ide kebebasan dan esensi hidup, kesederhanaan tidak hanya nilai estetika, memiliki persepsi moral yang terlihat dalam sifat kebenaran dan mengungkapkan kualitas batin bahan dan objek untuk esensi. Misalnya, taman pasir di kuil Ryoanji menunjukkan konsep kesederhanaan dan esensial dari pengaturan dianggap beberapa batu dan ruang kosong yang besar.
Prinsip estetika Jepang Ma mengacu pada ruang kosong atau terbuka. Yang menghilangkan semua dinding internal yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Frank Lloyd Wright dipengaruhi oleh unsur desain Jepang pintu yang memungkinkan membawa eksterior hingga interior geser. Kekosongan penataan ruang adalah ide lain yang mengurangi segala sesuatu ke kualitas yang paling penting.

Miss penerapan aplikasinya di Indonesia
Banyak orang di Indonesia yang menerapkan konsep "Minimalis" pada rumahnya, tetapi dalam aplikasi pembangunan terjadi "Miss Penerapan", sangat terlihat dimana-mana bangunan yang mengusung konsep minimalis tapi "Diperkuat" dengan ornamen batu alam atau konsep minimalis tapi dengan aksen gari-garis, dll.

Merujuk konsep dasar minimalis diatas seharusnya minimalis adalah benar-benar "Minim" ornamen dan hanya konsisten pada "Kepolosan".

gallery/cubecourthouse_ogawa_1
gallery/167c
gallery/minimalist-architecture-casa-guerrero-by-alberto-campo-baeza